Nasi Kuning Dan Nasi Merah Sudah Biasa, Bagaimana Kalau Nasi Biru? Aneh Tapi Enak Di Lidah - Sobatkarib Media
News Update
Loading...

December 22, 2015

Nasi Kuning Dan Nasi Merah Sudah Biasa, Bagaimana Kalau Nasi Biru? Aneh Tapi Enak Di Lidah

Kalau makan nasi kuning sudah biasa ya, Sobat karib. Itu karena nasi kuning ada zat warna kuning atau kurkumin yang berasal dari ekstrak kunyit. Kalo nasi merah juga udah biasa kan, karena berasnya yang memang berwarna merah. Namun nasi ini berwarna biru lho! Aneh ya…Apa masaknya pake pewarna buatan ya? Tetapi kok banyak orang di Negeri Jiran sana suka menyantapnya? Memang aneh, bagaimana kok bisa berwarna biru? Nah, nasi berwarna biru ini dikenal dengan Nasi Kerabu. Bagaimana ya cita rasanya?


Nasi Biru? Aneh Tapi Enak Di Lidah
Image Via Flickr : yoppy


Nasi kerabu merupakan salah satu hidangan nasi berwarna biru yang biasanya disantap hangat-hangat ditemani dengan lauk dengan ikan asing kering, ayam goreng, kerupuk, kering kentang atau tempe, telur asin, dan lalap sayur. Apalagi kalau ditambah sambal tomat dan terasi, rasanya pasti bikin lidah tergiur. Sebagai penyedap dan penggugah rasa, biasanya ditambahkan budu, sebutan untuk saus ikan bilis.

Jenis hidangan makanan ini berasal dari Negeri Jiran Malaysia, dan terutama sangat terkenal di pesisir timur negeri seperti Kelantan dan Trengganu. Dalam bahasa Malaysia sendiri, kerabu berarti daun-daunan mentah atau disebut ulam. Sepintas memang mirip dengan sajian nasi kuning khas Indonesia, tetapi warna birunya itu yang membuatnya sangat berbeda. Namun, karena belakangan ini susah menjumpai bunga telang sebagai pewarna biru yang alami, membuatnya cukup sulit ditemukan dan biasanya hanya cukup disajikan sebagai nasi putih biasa.

Bunga telang atau sering dikenal dengan sebutan Butterfly pea merupakan tumbuhan merambat yang biasa ditemukan di pekarangan atau tepi hutan. Tumbuhan anggota suku polong-polongan atau kacang-kacangan ini berasal dari Asia tropis. Selain digunakan sebagai pewarna pada nasi kerabu, bunga ini juga dimanfaatkan sebagai pewarna makanan atau kue di berbagai tempat di Asia Tenggara. Bunga telang juga dimanfaatkan di Thailand sebagai pewarna minuman bernama nam dok anchan.

Kembali ke nasi kerabu, cara membuat nasi ini cukup mudah. Masak nasi seperti biasa, namun yang berbeda yaitu dengan menambahkan pewarna biru berupa air rendaman dari bunga telang itu ke dalam nasi aronan. Biar tambah sedap, tambahkan batang serai saat mengukus, dan hasilnya pasti gurih, serta beraroma rempah. Jumlah kembang telang yang direndam dalam air hangat akan mempengaruhi kepekaan warna biru pada nasi. Semakin banyak kembang telang, maka semakin pekat warna biru yang dihasilkan. Selain itu, banyaknya beras yang diolah menjadi nasi pun mempengaruhi warnanya.

So, Sobat karib berniat untuk membuatnya di rumah?

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done