Jenis Ikan Yang Enak Untuk Dibakar Cocok Untuk Merayakan Tahun Baru - Sobatkarib Media
News Update
Loading...

December 21, 2015

Jenis Ikan Yang Enak Untuk Dibakar Cocok Untuk Merayakan Tahun Baru

Ada banyak cara seru yang bisa seseorang lakukan untuk merayakan tahun baru seperti jalan-jalan, mengunjungi rumah saudara, mengunjungi tempat wisata, dan lain-lain. Kebanyakan orang pasti akan menggelar pesta untuk menyambut pergantian tahun. Ada pula yang menggelar acara makan bersama dengan sanak family atau bahkan mengundang beberapa teman untuk menikmati santapan bersama. Salah satu menu yang cukup umum dipilih bila seseorang mengadakan acara atau jamuan makan di tahun baru adalah ikan bakar.


Jenis Ikan Yang Enak Untuk Dibakar Cocok Untuk Merayakan Tahun Baru
Image Via Flickr : closari


Ikan bakar memang mempunyai rasa yang nikmat dilidah juga lebih sehat untuk dikonsumsi. Namun, mengolah ikan bakar adalah hal yang tidak mudah karena terkadang daging ikan menempel di panggangan yang membuat ikan tidak hanya sulit untuk dibakar tetapi juga akan membuat penampilan serta rasa ikan menjadi tidak enak. Untuk mencegah hal tersebut tentunya harus mengetahui tentang cara membakar ikan yang benar agar bisa membuat hidangan ikan bakar yang sempurna. Berikut adalah tips yang bisa diikuti untuk membuat ikan bakar yang enak dan gurih:


  1. Mempersiapkan alat dengan benar

    Anda harus mempersiapkan alat panggangan yang benar, alat tersebut harus benar-benar bersih serta tidak berkarat. Setelah dibersihkan dengan benar sebaiknya alat panggang tersebut diolesi minyak sayur emudian dilap hingga bersih sehingga siap untuk digunakan.
  2. Memberi olesan pada ikan

Anda harus mempersiapkan olesan untuk digunakan pada ikan sebelum dibakar. Tips yang harus anda ingat adalah hindari mengolesi ikan dengan mentega karena hal tersebut bisa mempengaruhi cita rasa ikan. Sebaiknya anda mengolesinya dengan minyak yang tahan dengan suhu tinggi seperti minyak dari biji anggur dan minyak lainnya atau campuran bawang goreng yang dicincang halus dan minyak panas. Kedua olesan tersebut akan membuat ikan bakar menjadi lebih enak serta tidak mempengaruhi cita rasanya.

  1. Memilih ikan

Memilih ikan yang masih segar juga penting untuk membuat ikan bakar yang enak. Jenis ikan juga berpengaruh anda bisa memilih ikan yang berasal dari air laut maupun ikan air tawar.

  1. Proses pembakaran

Anda sebaiknya membakar ikan dengan sisiknya untuk membuat tekstur daging menjadi lebih renyah atau anda bisa mengupas sisiknya tetapi kemudian melapisinya dengan daun pisang sebelum dibakar. Daun pisang tidak hanya berfungsi untuk mencegah ikan gosong tetapi juga bisa menambah cita rasa.
Anda juga harus memperhatikan api yang diguunakan untuk pembakaran. Sebaiknya anda memilih batu bara yang memiliki kualitas bagus agar kualitas apinya bagtus sehingga yang matang bukan hanya bagian dalam tetapi bagian luar juga. Anda juga harus membalik ikan yang dibakar setiap 5 menit sekali untuk mencegah daging ikan menembel pada alat bakaran.


Itulah beberapa tips untuk membuat ikan bakar yang enak dan gurih. Namun, hal yang harus anda perhatikan adalah sewaktu memilih ikan untuk dibakar untuk jamuan makan tahun baru anda. Seperti yang telah disebutkan bahwa anda bisa memilih ikan air tawar maupun laut tetapi sebaiknya anda memilih ikan yang memiliki daging tebal, namun memiliki tekstur yang empuk. Jenis ikan yang enak dibakar untuk merayakan tahun baru adalah ikan kue, gurami, kerapu, tuna, salmon, baronang, nila, ikan kakap merah, dan ikan mas. Bila anda tidak tahan dengan aroma amis maka sebaiknya anda memilih ikan air tawar sebab ikan air laut memiliki aroma amis yang kuat.

Share with your friends

2 comments

  1. 9 hari lagi
    hahhaha
    mau BBQ an dulu..
    thanks tips nya ya

    jangan lupa mampir di Prediksi Bola

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama .. . semoga bermanfaat

      Delete

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done