Tips Mengatur Anggaran Demi Membiayai Hobi Eksklusif! Terapkan 3 Strategi ini - Sobatkarib Media
News Update
Loading...

January 05, 2016

Tips Mengatur Anggaran Demi Membiayai Hobi Eksklusif! Terapkan 3 Strategi ini

Hobi adalah suatu kegiatan atau sesuatu hal yang paling disukai atau diinginkan oleh setiap orang. Setiap orang pasti mempunyai hobi yang ingin ditekuni karena hobi tersebut bisa membuatnya bersemangat serta membuatnya bisa meregangkan pikiran dan tubuhnya dari kepenatan akibat aktivitas sehari-hari dengan melakukan hal yang menyenangkan dan disukai. Apalagi jika hobi tersebut termasuk dalam hobi ekslusif yang hanya bisa dilakukan saat liburan panjang. Contoh hobi yang terbilang eksklusif adalah bermain golf, diving, fotografi, dan lain-lain. Hobi-hobi tersebut digeluti karena terbukti bisa merilekskan tubuh dan melepaskan stress.

Hobi Eksklusif
Image Via Flickr : Kevin Dooley

Hobi eksklusif adalah hobi yang sangat menyenangkan tetapi membutuhkan modal besar untuk menekuninya dengan serius. Namun, karena hal tersebut adalah hobi yang membuat anda bisa terlepas dari beban pikiran dan stress tentunya anda sangat ingin agar hobi tersebut bisa tetap berjalan konsisten. Masalah utamanya adalah hobi eksklusif membutuhkan banyak dana atau biaya untuk menjalaninya sehingga orang-orang terkadang hanya mencoba hobi tersebut, namun tidak serius menjalaninya. Anda harus siap-siap merogoh kantung anda lebih dalam untuk menekuni hobi tersebut. Hobi eksklusif memang membutuhkan banyak biaya dan peralatan. Contohnya saja bila anda mempunyai hobi diving, anda tentunya membutuhkan wetsuit, sepatu katak, mask, snorkel, dan tabung oksigen. Peralatan tersebut tentunya memiliki harga yang terbilang mahal untuk sekali menyelam. Hobi eksklusif lainnyapun memiliki berbagai peralatan khusus yang harus dimiliki oleh orang yang menggemari hobi tersebut. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatur anggaran agar anda bisa membiayai hobi eksklusif anda:


1.     Membuat tabungan khusus untuk hobi eksklusif

Anda sebaiknya memisahkan uang untuk hobi eksklusif anda dengan uang yang digunakan untuk kebutuhan pokok sehari-hari. Hal ini sangat penting agar uang anda tidak habis hanya untuk hobi. Anda sebaiknya menyisihkan 30% untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti makan dan keperluan sehari-hari lainnya. 20% dari gaji anda sebaiknya dimasukan ke dalam dana darurat atau untuk membayar asuransi. Lalu 25% sebaiknya disalurkan untuk kebutuhan investasi. 15% untuk dana tak terduga dan 10% untuk hobi eksklusif. Dengan demikian anda tetap mempunyai tabungan untuk melakukan hobi anda dan kebutuhan utama serta kebutuhan lainnya terpenuhi. Mengumpulkan uang gaji anda sebesar 10% tiap bulan pasti akan sangat membantu untuk membuat anda bisa menjalani hobi eksklusif anda.

2.     Ubah hobi menjadi penghasilan

Anda bisa memanfaatkan hobi yang anda miliki untuk menghasilkan uang tambahan. Misalnya jika anda suka diving, anda bisa menjadi instruktur diving. Bila anda suka fotografi, maka anda bisa menghasilkan uang dengan menjadi fotografer freelance atau pekerjaan sampingan lainnya dengan memanfaatkan hobi anda tetapi tidak mengganggu waktu kerja utama anda. Dengan demikian hobi yang anda tekuni tidak hanya bisa menghabiskan uang tetapi juga bisa mendatangkan uang yang bisa menambah penghasilan anda.

3.     Coba cari uang tambahan


Anda juga bisa mencari uang tambahan lainnya dengan berbisnis online atau mengajukan KTA yang bisa digunakan untuk membiayai hobi ekslusif anda. Bisnis online cukup menjanjikan untuk menambah penghasilan anda. Bila hal tersebut belum cukup, maka KTA akan menjadi alternative yang sangat membantu. Pastikan anda memilih bank yang sesuai dengan kriteria sehingga anda bisa membayar tagihan bank tersebut nantinya. Pilih juga bank yang memberikan KTA dengan bunga yang ringan agar and bisa lebih mudah membayarnya.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done