Alasan Saya Ingin Berhenti Kerja Dan NgeGame Dota 2! Ini Jawabanya - Sobatkarib Media
News Update
Loading...

January 07, 2016

Alasan Saya Ingin Berhenti Kerja Dan NgeGame Dota 2! Ini Jawabanya

Salah satu game yang paling populer di dunia saat ini adalah Dota 2. Hampir semua orang pernah mendengar atau mengenal Dota 2 karena game ini memang game online yang sangat terkenal di dunia maya. Game  ini merupakan permainan berjenis multiplayer online battle arena atau game pertarungan yang melibatkan banyak pemain. Game tersebut merupakan sekuel dari Defense of the Ancients mod pada game yang bernama World of Warcraft tepatnya pada bagian Warcraft 3: Reign of Chaos juga Warcraft 3: The Frozen Throne yang dibuat oleh Blizzard. Pembuat mod Dota yang menyebut dirinya bernama Icefrog kmudian mempunyai ide untuk membangun game Dota sendiri yang kemudian  diberi nama Dota 2 Game Dota 2 dikembangkan oleh Valve Corporation yang diterbitkan pada Juli 2013 dan langsung menyedot perhatian banyak orang terutama pecinta game. Salah satu kelebihan game ini yang membuat orang merasa tertarik untuk memainkannya adalah dapat dimainkan secara gratis pada beberapa system operasi seperti Linux, Microsoft Windows, dan OS X, yang perlu anda lakukan adalah mendownloadnya bila anda merasa tertarik pada game ini. Bila anda ingin memainkannya secara ekslusif berarti anda harus mengkontak distributor resmi valve yaitu Steam.  


Ini Alasan Saya Ingin Berhenti Kerja Dan Main Dota 2
Image Via Flickr : dfactory


Dota 2 sebenarnya tidak jauh berbeda dengan  Dota yang menjadi mod di World of Warcraft , oleh karena itu tidak heran bila hero yang ada di game tersebut terinspirasi dari hero-hero yang ada di game Warcraft. Game ini lebih menekankan pada permainan real time strategy dimana anda harus benar-benar memilih suatu karakter atau hero dari banyak hero yang tersedia. Game ini merupakan permainan real time strategy dimana pemain biasanya mengontrol satu hero atau unit, namun beberapa hero bisa membuat lebih dari satu unit. Hal yang umum dilakukan adalah anda hanya mengontrol satu hero tetapi tidak bisa mengontrol unit lebih dari 10. Game Dota 2 mengadu 2 tim yang masing-masing berisikan 5 pemain. Pemain yang berada di sebelah kiri bawah map yang disebut Radiant sedangkan tim yang ada di sebelah kanan atas map disebut Dire.

Kedua markas utama memang tidak memiliki perbedaan yang mencolok kecuali texture, tampilan, dan jalanannya, namun perbedaan yang mencolok adalah adanya neutral creep yang sangat kuat di daerah Dire bernama Roshan. Roshan memiliki kemampuan drop Aegis of Immortality, apabila ada hero yang mengambilnya maka hero tersebut dapat hidup kembali setelah mati. Masing-masing tim mempunyai markas utama yang berada dipojok map yang disebut Ancient. Game di Dota 2 mempunyai tujuan utama untuk menghancurkan ancient musuh. Tim yang bertanding atau bermain akan menang bila berhasil menghancurkan ancient lawannya. Dalam game Dota 2 anda harus bisa mencapai beberapa level serta mendapat item-item bagus yang diperlukan agar bisa menang. Semakin tinggi level serta semakin bagus item yang dimiliki maka karakter hero yang anda gunakan akan menjadi semakin kuat.

Dalam peta Dota 2 ada 3 jalur yang disebut lanes dalam game yaitu top, middle, dan bottom. Setiap map baik di daerah Radiant maupun Dire ada hardlane, offlane, easylane dan safelane. Setiap lanes menghubungkan kedua Ancient yang bertanding serta pasukan atau yang disebut creeps. Creeps Radiant berwarna hijau sedangkan creeps Dire berwarna merah, ada tiga tipe creep yaitu meelee, ranged, dan siege. Melee adalah creep close combat yang menggunakan senjata pedang, ranged adalah creep yang bergerak dibelakang melee yang menggunakan senjata jarak jauh, sedangkan siege adalah creep catapault yang damagenya besar dalam bangunan. Creeps akan muncul atau istilahnya spawn secara berkala di jalur-jalur tersebut. Setiap lanes akan memiliki 3 menara atau disebut tower yang bertugas menyerang hero atau creeps didekatnya. Ada 2 barracks di tower terakhir yang disebut melee barracks dan ranged barracks. Apabila salah satu barracks tersebut hancur maka creeps musuh akan menjadi lebih kuat yang disebut juga sebagai super melee creeps atau super ranged creeps. Para hero yang bertanding akan mengahadapi dan bertarung dengan creeps lawan di sepanjang pertempuran menuju Ancient lawan.

Ada lebih dari 100 hero atau karakter yang bisa dipilih oleh orang yang bermain Dota 2. Setiap karakter dibagi dalam 3 type berbeda yaitu strength yang memiliki fisik kuat, agility yang mempunyai keahlian serangan cepat, dan intelligence yang mempunyai keahlian mengendalikan kekuatannya. Setiap hero atau karakter memiliki 4 skill bahkan beberapa karakter memiliki skill lebih banyak baik yang aktif maupun pasif. Ada 3 role utama yang bisa dipilih yaitu:



1.      Carry

Carry adalah role untuk hero yang lemah di awal tetapi menjadi kuat diakhir game. Role ini membutuhkan items dan level jadi harus mengumpulkan XP dan gold. Kekuatan carry terletak pada serangan dan serangan cepatnya. Kemampuan yang dimiliki carry adalah melemahkan musuh seperti stun, melambatkan, disable, dan lain-lain termasuk juga membunuh.

2.     Support

Support adalah role yang bertugas membantu tim sehingga tidak membutuhkan banyak last hit tetapi bertugas menjaga carry untuk last hit. Hero ini adalah tipe intelligence yang menggunakan skill daraipada attack. Beberapa alat yang diperlukan oleh hero support adalah dust of appearance, gem of true sight,  sentry ward, dan beberapa alat lainnya. Hero ini tidak terlalu membutuhkan item.

3.     Nuker

Hero ini adalah tipe hero yang dapat membunuh dengan musuh dengan cepat menggunakan skillnya. Hero ini bisa bertindak sendiri tanpa bantuan hero lainnya.

Hero yang membunuh creeps akan bisa menaikkan level, membeli item yang kuat, membuat strategi yang tepat, mengumpulkan gold, serta menjelajah map dengan baik akan bisa menghancurkan Ancient lawannya dengan mudah. Game ini memiliki aktifitas pemain paling banyak di steam dengan puncaknya bisa mencapai hingga 800,000 pemain online yang aktif setiap hari.


Setelah membaca keterangan tentang game Dota 2 di atas tentunya bisa dibayangkan betapa serunya permainan game tersebut. Hal tersebut adalah salah satu alasan mengapa saya ingin berhenti kerja. Alasan lainnya adalah bisa menghasilkan uang dengan cara yang menyenangkan. Mungkin anda sedikit heran dan bingung dengan pernyataan tersebut. Anda tidak perlu merasa heran karena ada kompetisi tahunan Dota 2 yang diadakan oleh TI atau The International yang merupakan kejuaraan tahunan eSports yang diadakan oleh Valve. Hadiah dari kompetisi tersebut adalah 238 Miliar. Jumlah uang hadiah setiap tahun memang berbeda, namun masih berkisar miliaran. Kemenangan memang menjadi milik setiap anggota dalam tim, jadi tentunya hadiah tersebut dibagi 5. Namun, tetap saja jumlah yang didapat lebih fantastis jika dibandingkan jika anda bekerja selama bertahun-tahun. Pada tahun ini saja jumlah hadiah uang yang dibawa peserta yang menduduki peringkat 15 dan 16 adalah Rp 700.254.504, jumlah yang sungguh fantastis, bukan? Jumlah uang  tersebut tentunya sulit didapat bila anda menjadi pegawai kantoran.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done