Anda Berniat Mengambil Kredit Motor! Hindari 5 Kesalahan Besar ini - Sobatkarib Media
News Update
Loading...

January 07, 2016

Anda Berniat Mengambil Kredit Motor! Hindari 5 Kesalahan Besar ini

Salah satu jenis transportasi yang paling digemari masyarakat Indonesia adalah motor. Motor memang menjadi alat transportasi yang paling praktis dan bisa diandalkan. Motor menjadi alat transportasi pilihan karena harganya yang lebih terjangkau dari mobil. Apalagi alat transportasi ini bisa memudahkan mobilisasi bila anda tinggal di daerah perkotaan yang padat penduduk serta sering macet. Kemacetan memang telah menjadi hal yang lumrah terutama di kota-kota besar, sehingga mempunyai alat transportasi seperti motor sangat membantu karena ukurannya yang kecil bisa digunakan untuk menempuh jalan yang lebih sempit seperti jalan tikus. Seain itu, performa motor yang kuat serta bisa mengatasi berbagai medan membuat alat transportasi ini sangat bermanfaat. Hal tersebut tentunya mempersingkat waktu tempuh yang anda perlukan serta bisa mengurangi biaya yang harus anda keluarkan dalam menempuh perjalanan.

Image Via Flickr : evgeny Layko


Karena keefisienan serta kelebihan motor maka banyak orang yang ingin mendapatkannya meskipun belum mempunyai biaya yang cukup. Mereka bahkan tidak perlu segan-segan untuk mengambil kredit agar bisa mendapatkan motor yang diinginkan. Membeli motor dengan membayarnya secara langsung memang terasa berat karena membutuhkan jumlah uang yang banyak, oleh karena itu kebanyakan orang memilih membeli motor dengan system kredit yang dirasa lebih ringan daripada membayar secara langsung. Hal tersebut dimanfaatkan oleh orang-orang yang ingin mengambil keuntungan dengan menawarkan kredit motor dengan DP yang kecil sehingga orang-orang tertarik untuk mengambil kredit di tempat tersebut. Bahkan terkadang ada yang menawarkan kredit tanpa harus membayar DP. Hal tersebut semakin menarik minat pembeli karena dia tidak harus bingung membayar DP yang mahal. Mereka berpikir bahwa mencicil angsuran bulanan lebih ringan daripada membayar DP yang besar. Padahal hal tersebut adalah salah kaprah, untuk menghindari kesalahan yang mengambil kredit motor maka anda harus mengikuti beberapa tips di bawah ini:

1. Kredit pinjaman yang memiliki periode panjang
Kebanyakan orang memilih kredit pinjaman yang memiliki periode paling panjang karena angsurannya yang lebih ringan dan murah. Padahal hal tersebut adalah jebakan batman yang akan membuat anda merasa lebih kerepotan nantinya. Periode pinjaman yang lebih panjang memiliki bunga yang lebih tinggi daripada periode pinjaman yang lebih pendek. Bila anda tergiur hanya karena angsuran yang lebih kecil dan memilih yang periode kreditnya lebih lama maka anda akan sangat rugi karena bunga yang anda bayar bila dihitung-hitung cukup untuk membeli motor lagi. Apalagi anda akan terus terlilit hutang karena periode pinjaman yang terlalu lama padahal anda belum tentu selalu mendapat rejeki untuk melunasinya. Jadi sebaiknya anda memilih kredit yang jangka waktunya lebih pendek serta membayar DP yang lebih besar. Hal tersebut akan mengurangi bunga yang harus dibayar serta cicilan anda akan menjadi lebih ringan nantinya. Anda juga jadi bisa melunasi motor tersebut secepatnya. 

2. Mencari leasing asal-asalan
Salah satu hal yang perlu dilakukan bila ingin kredit motor adalah mencari leasing. Hal tersebut dimaksudkan untuk memudahkan anda menangani pembayaran kredit motor serta mengurusi berkas dan birokrasi lainnya yang tidak bisa anda tangani sendiri. Saat ini ada banyak leasing yang menawarkan jasa pengkreditan motor disertai dengan tawaran-tawaran menarik yang bisa membuat siapapun merasa tergiur untuk mengambil kredit di tempat leasing tersebut. Bila anda memang tertarik untuk kredit motor melalui leasing sebaiknya anda memilih leasing yang benar-benar bisa dipercaya. Anda sebaiknya memilih leasing yang sudah terkenal agar nantinya anda tidak akan merasa tertipu karena leasing yang belum terkenal belum tentu dapat mengurusi semua keperluan anda. Anda juga harus memperhatikan bahwa leasing tersebut mempunyai ijin yang jelas sehingga anda akan merasa lebih aman bila memilih tempat leasing tersebut untuk mengurusi masalah kredit motor anda karena ada beberapa leasing yang bisa dibilang ilegal. 

3. BPKB dan asuransi yang tidak terjamin
Anda harus berhati-hati ketika mengambil kredit karena terkadang ada beberapa tempat yang tidak langsung menyerahkan BPKB pada saat anda selesai melakukan pembayaran. Ada juga yang justru menjaminkan BPKBanda ke bank dengan alasan yang macam-macam. Apalagi tidak ada asuransi yang bisa menjamin keselamatan anda saat mengalami kecelakaan, hal tersebut semakin membuat anda menjadi pihak yang dirugikan. Oleh sebab itu, pastikan bahwa anda akan mendapat asuransi saat anda mengambil kredit tersebut juga anda akan segera mendapatkan BPKB setelah anda selesai melunasi tagihan motor anda.

4. Membeli karena ingin pamer
Ada beberapa orang yang mengambil kredit motor hanya karena ingin pamer dengan orang-orang disekitarnya. Padahal dia tidak mempunyai kemampuan untuk melunasi atau bahkan memenuhi kredit tersebut tiap bulannya. Hal ini sangat berbahaya, karena bila anda mengambil kredit motor tanpa piker panjang dan tanpa persiapan yang matang maka anda akan dengan tidak sadar menumpuk masalah anda. Anda sebaiknya memikirkan dulu dengan matang apakah anda membutuhkan motor untuk saat ini atau tidak. Kalau anda memang butuh sebaiknya pilih kredit motor yang bagus tetapi masih bisa dijangkau oleh anda. Anda juga sebaiknya memilih leasing yang bagus dan terpercaya serta memilih periode kredit yang tidak terlalu memberatkan anda tetapi juga yang tidak memiliki jangka waktu kredit lama karena bunganya justru akan membesar. Jangan pernah sekali-kali memilih atau mengkredit motor yang berada diluar jangkauan anda hanya karena anda ingin pamer.

5. Membeli saat punya banyak tanggungan

Terkadang orang ketika menginginkan sesuatu akan berusaha mendapatkan hal tersebut tanpa berpikir terlebih dahulu. Hal tersebut juga sama ketika seseorang ingin mengambil kredit motor padahal dia masih mempunyai banyak tanggungan yang harus dilunasi. Tentunya hal tersebut akan menambah beban tanggungan anda apalagi jika anda tidak memiliki pemasukan tambahan yang bisa membantu mengurangi beban tanggungan tersebut. Jadi sangat disarankan bila seseorang ingin mengambil kredit motor sebaiknya menunggu hingga beberapa tanggungan yang harus diurus selesai terlebih dahulu. Dengan demikian dia tidak akan terlalu merasa kewalahan ketika akan mengambil kredit motor karena beberapa tanggungan telah selesai diurus.

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan bila anda ingin mengambil kredit motor. Anda harus menghindari kesalahan-kesalahan tersebut bila anda tidak ingin terbebani dengan beban kredit motor yang berat serta terasa mencekik akhirnya. Hal tersebut juga untuk mencegah anda tidak bisa lagi membayar tagihan sehingga motor anda akan ditarik yang membuat anda rugi dua kali. Anda tidak mendapat motornya tetapi anda sudah membayar tagihan-taguihan kredit selama berbulan-bulan lamanya. Tentunya hal tersebut sangat menyedihkan dan tidak ingin dialami oleh siapapun. Oleh karena itu, jangan seperti peribahasa yang besar pasak daripada tiang tetapi anda harus bisa merencanakan segala sesuatu dengan baik sehingga anda bisa mendapat motor impian anda.

Share with your friends

1 comment

  1. we are an organization set up to help people in need
    assistance, such as financial aid. So, if you are going through financial
    problem if you have a financial mess and you need funds to
    starting your own business, or you need a loan to pay off debt or pay
    bills, start a nice business, or you find it difficult
    obtain capital loan from local banks, contact us today via e - mail
    jessicawilliamsloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done