6 Makanan ini Wajib Dihindari Saat PMS! Apa Saja ya, Yuks Simak - Sobatkarib Media
News Update
Loading...

January 07, 2016

6 Makanan ini Wajib Dihindari Saat PMS! Apa Saja ya, Yuks Simak

Setiap wanita pasti mengalami menstruasi atau haid bila dia sudah berada dalam usia yang reproduktif. Biasanya wanita mengalami menstruasi saat mereka menginjak usia remaja dan akan berhenti saat usia mereka tidak lagi produktif atau yang sering disebut menopause. Apakah anda tahu apa yang dimaksud menstruasi? Menstruasi adalah suatu perubahan fisiologis yang dialami oleh wanita dimana terjadi perubahan berkala dalam tubuh yang dipengaruhi oleh hormone reproduksi baik yaitu FSH-Esterogen dan LH-Progesteron. Pada saat mengalami periode ini wanita akan merasa mudah lelah, mudah emosi, tidak merasa nyaman, dan mengalami mood yang berubah-ubah. Bahkan pada beberapa kasus ada yang mulai mengalami depresi ringan pada saat menjelang menstruasi atau yang sering disebut PMS yang bisa mengganggu kegiatan wanita tersebut serta keadaan orang disekitarnya.

Image Via Flickr : Helga Weber


PMS atau terkadang disebut juga PMT yang merupakan singkatan dari Premenstrual Tention adalah sebuah kondisi psikologis yang mempengaruhi system sikap dan perasaan seorang wanita sebelum masa menstruasi atau haid. Hal tersebut biasanya terjadi pada 2 minggu sebelum mengalami menstruasi atau haid. PMS atau PMT ini disebabkan karena ada perubahan level hormone estrogen dan progesterone pada masa pra menstruasi. Perubahan level hormone tersebut menyebabkan wanita menjadi mudah merasa depresi, merasa tidak nyaman, kehilangan kosentrasi, lebih sensitive, dan moody. Hal tersebut bisa menyebabkan masalah pada pasangan sehingga terkadang keharmonisan hubungan menjadi terganggu karena masalah tersebut. Bahkan pria menganggap wanita yang mengalami periode tersebut menjadi menyebalkan, drama queen, dan terlalu manja dalam bersikap.

Bagaimana wanita mengatasi PMS agar bisa beraktivitas seperti biasanya? Mengendalikan PMS bisa dilakukan dengan beberapa hal seperti merilekskan tubuh dan pikiran agar tidak merasa stress, menghindari beberapa makanan dan minuman yang bisa memperburuk mood, istirahat yang cukup, olahraga secara teratur, lalu menonton film lucu atau menyenangkan untuk memperbaiki mood. Salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan adalah menghindari makanan dan minuman yang bisa memperburuk mood pada saat PMS. Berikut adalah daftar makanan dan minuman yang perlu dihindari:

1.     Junk food

Junk food tidak memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh dan juga tidak baik dikonsumsi saat PMS karena bisa memperburuk keadaan emosi anda. Mengkonsumsi makanan tersebut juga akan membuat anda mengalami masalah jerawat serta kesehatan yang serius seperti kanker, peradangan, dan sebagainya.

2.     Makanan manis dengan kadar gula tinggi

Makanan manis yang memiliki kadar gula tinggi hanya bersifat menenangkan sementara, setelah itu anda akan menjadi lebih moody. Apalagi kandungan glukosa yang tinggi tidak baik bagi tubuh karena bisa menyebabkan .

3.     Alcohol

Alcohol hanya bersifat sementara untuk memenangkan PMS, namun efek setelahnya akan lebih buruk. Mengkonsumsi alcohol saat mengalami PMS akan membuat anda mengalami mood swing yang justru akan semakin parah.

4.     Minuman bersoda

Mengkonsumsi minuman bersoda sangat tidak danjurkan saat PMS karena selain memiliki kadar gula tinngi yang bisa menyebabkan diabetes. Minuman tersebut bisa membuat bobot anda bertambah yang membuat anda menjadi semakin moody.

5.     Makanan yang dipanggang

Makanan yang dipanggang memiliki kandungan lemak trans berlebih sehingga perlu dihindari karena bisa menyebabkan rasa sakit di rahim karena meningkatnya hormone esterogen dalam tubuh yang nantinya akan memperparah mood anda.

6.     Minuman berkafein

Sama seperti minuman bersoda, minuman berkafein juga sebaiknya tidak dikonsumsi saat seseorang mengalami PMS. Ini dikarenakan kandungan kafein menyebabkan emosi menjadi tidak teratur sehingga akan memperburuk keadaan PMS anda.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done