Jangan Menyiapkan Bawang Putih Di Kulkas, Ini Sebabnya - Sobatkarib Media
News Update
Loading...

January 11, 2016

Jangan Menyiapkan Bawang Putih Di Kulkas, Ini Sebabnya

Menurut anda apa tempat penyimpanan yang praktis untuk makanan agar makanan tetap awet? Jawabannya sudah pasti kulkas atau lemari pendingin walau ada juga yang memanggilnya sebagai lemari es. Kulkas memang diatur untuk memiliki suhu dingin yang bisa menghambat perkembangan virus dan bakteri sehingga bisa membuat makanan atau bahan makanan yang disimpan dalam kulkas menjadi lebih awet juga tidak mudah rusak. Karena adanya pemikiran tersebut menyebabkan para ibu rumah tangga kerap memasukkan segala jenis bahan makanan ataupun makanan ke dalam kulkas.

Image Via Flickr : Ellen Bouckaert


Padahal ada beberapa bahan makanan yang seharusnya tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas karena beberapa alasan contohnya bisa membuat bahan makanan tersebut menjadi busuk atau mudah busuk. Beberapa contoh bahan makanan yang tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas adalah bawang, pisang, alpukat dan masih banyak lainnya.

Bawang adalah salah satu bahan makanan yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas oleh karena itu sebaiknya tidak menyimpan bawang di dalam kulkas karena percaya hal tersebut dapat membuat bawang menjadi lebih awet. Apalagi jika yang anda masukkan adalah bawang putih, ada beberapa fakta yang perlu anda tahu kenapa bawang putih tidak boleh dimasukkan dalam kulkas apalagi bila anda sudah mengupasnya.

Fakta 1, Bawang putih tidak cocok masuk kulkas


Para ibu mempunyai kebiasaan untuk memasukkan bahan makanan ke dalam kulkas tidak peduli pada jenisnya atau kegunaan bahan makanan tersebut. Salah satu bahan makanan yang masuk ke dalam kelas bumbu dan sering dimasukkan dalam kulkas adalah bawang putih. Bawang putih adalah umbi lapis yang tumbuh di dalam tanah. Suhu dalam tanah brbeda dengan suhu di permukaan, jadi saat bawang dikeluarkan dari dalam tanah dengan lapisan kulit yang tipis memang dianjurkan untuk menyimpannya di tempat yang kering dan dingin, namun tidak sedingin suhu di dalam kulkas apalagi kulkas terlalu lembab untuk menyimpan bawang.

Selain itu, kulkas tidak mempunyai sirkulasi udara yang baik sehingga bisa menyebabkan bawang putih menjadi lebih mudah membusuk apalagi bila disimpan di dekat makanan lain yang mengeluarkan gas. Bawang putih juga sensitive terhadap cahaya karena dapat menyebabkan rasa bawang menjadi lebih pahit. Bawang  putih yang disimpan dikulkas juga akan kehilangan aroma khasnya. Jadi kulkas merupakan tempat yang buruk untuk menyimpan bawang putih karena kulkas mempunyai lampu di dalamnya, mempunyai ventilasi yang buruk serta terlalu dingin untuk bawang putih. Hal tersebut berbeda dengan daun bawang serta kucai yang cocok untuk disimpan di dalam kulkas walaupun termasuk jenis bawang karena kedua bahan makanan tersebut memiliki kadar air yang tinggi sehingga lebih mudah rusak bila tidak disimpan di dalam kulkas.

Fakta 2, Bawang putih yang telah dikupas mudah terpapar bakteri



Para ibu yang akan memasak mempunyai kebiasaan untuk mengupas bawang putih yang merupakan bahan makanan yang biasa dipakai untuk bumbu terlebih dahulu walaupun tidak langsung menggunakannya. Bahkan ada yang memasukkan bawang yang telah dikupas ke dalam kulkas karena mereka belum ingin menggunakannya. Hal tersebut adalah hal yang sangat tidak dianjurkan karena bawang yang telah dikupas mudah terpapar kuman dan bakteri, jadi bisa dibayangkan bila bawang putih tersebut dimasukkan ke dalam kulkas yang terdapat berbagai jenis bahan makanan lain yang mengeluarkan bau serta bakteri yang bisa mencemari bawang putih.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done