5 Hal Penting Untuk Membangun Resolusi Finansial di Tahun 2016 - Sobatkarib Media
News Update
Loading...

January 01, 2016

5 Hal Penting Untuk Membangun Resolusi Finansial di Tahun 2016

Sudah menjadi tradisi bahwa setiap akhir tahun dan sebelum memasuki tahun baru setiap orang akan membuat resolusi. Hal tersebut dilakukan setelah mereka merefleksikan diri terhadap hal-hal yang belum dicapai serta hal-hal yang ingin dicapai. Mereka akan berusaha membuat resolusi tersebut menjadi kenyataan apalagi jika resolusi tersebut adalah resolusi financial. Resolasi di bidang financial memang resolusi yang paling sering disusun atau direncanakan di setiap tahun. Hal tersebut karena setiap orang berharap bahwa mereka akan mempunyai kondisi financial yang lebih baik dari tahun sebelumnya walaupun hal tersebut paling banyak dipikirkan oleh para pekerja, pegawai, atau pebisnis. Memang tidak setiap orang membuat resolusi financial karena beberapa orang membuat beberapa resolusi lain seperti ingin lulus, ingin dapat pekerjaan, dan lain-lain tetapi resolusi financial adalah jenis resolusi yang paling banyak dilakukan oleh sebagian besar orang.
Membuat resolusi financial memang sangat diperlukan apalagi untuk menghadapi tahun 2016 yang akan datang sebentar lagi. Apakah anda sudah membuat resolusi financial? Jika belum, maka ada beberapa contoh resolusi financial yang perlu anda perhatikan:

5 Hal Penting Untuk Membangun Resolusi Finansial di Tahun 2016
Image Via Flickr : frankieleon



1.     Menabung dalam jumlah yang spesifik

Menabung memang menjadi resolusi yang selalu dibuat oleh kebanyakan orang. Namun, hal tersebut lebih mudah dikatakan dibanding dilakukan. Bila anda ingin sukses dalam menabung sebaiknya anda harus menentukan target tertentu sebagai penyemangat. Misalnya anda bisa menetapkan untuk jalan-jalan ke tempat wisata impian atau mendapat dana untuk membeli rumah idaman dengan demikian anda akan lebih rajin menabung. Cara lainnya adalah anda sebaiknya menentukan jumlah uang tetap yang harus dimasukkan ke tabungan dengan menggunakan fasilitas direct debit agar uang anda secara otomatis masuk ke dalam tabungan.

2.     Investasi yang menguntungkan

Saat ini melakukan investasi memang sangat diperlukan sebagai upaya mengatasi keadaan finasial yang sering naik turun. Anda harus menjadikan hal ini target utama anda karena investasi bisa menjamin kestabilan keuangan anda. Anda sebaiknya memilih investasi yang menguntungkan seperti property, emas, reksa dana, maupun saham. Ingatlah bahwa sebaiknya anda memilih investasi yang cukup aman bila anda adalah pemula dalam hal berinvestasi.

3.     Membayar hutang dalam jumlah tertentu

Bila anda memiliki tagihan kartu kredit atau cicilan KPR yang harus diurus maka anda harus menetapkan jumlah yang spesifik yang bisa anda bayarkan tiap bulan. Hal ini untuk mencegah hutang anda semakin menumpuk hingga membuat anda semakin berat membayarnya. Anda juga disarankan untuk mencicil hutang yang memiliki bunga lebih besar terlebih dahulu sehingga nantinya akan terasa ringan.

4.     Menghasilkan banyak uang melalui usaha sampingan

Anda mungkin bisa meminta kenaikan gaji pada perusahaan, namun hal tersbut belum tentu dikabulkan. Oleh karena itu, sebaiknya anda mencoba menjalankan usaha sampingan yang tidak mengganggu pekerjaan utama anda seperti bisnis online, menulis artikel, atau bisnis lainnya yang bisa dilakukan sambil anda bekerja.

5.     Menabung untuk dana darurat


Anda bisa memanfaatkan aplikasi yang digunakan untuk membantu mengontrol anggaran seperti Mint, Left to Spend, dan You Need a Budget untuk membuat perhitungan dana yang bisa anda sisihkan sebagai dana darurat. Dana darurat adalah dana yang hanya digunakan dalam keadaan yang benar-benar darurat seeperti renovasi rumah, masuk rumah sakit, atau kehilangan pekerjaan. Dengan demikian anda tidak perlu bingung mencari dana atau uang untuk memenuhi kebutuhan mendesak tersebut.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done