Bumil alias Ibu Hamil Perlu Tahu Tips Menjaga Kehamilan Usia Muda - Sobatkarib Media
News Update
Loading...

December 26, 2015

Bumil alias Ibu Hamil Perlu Tahu Tips Menjaga Kehamilan Usia Muda



Bagi seorang wanita kehamilan pertama terkadang menjadi hal yang menakutkan dan membuat resah. Apalagi bila kehamilan tersebut masih dalam usia yang muda, terkadang pikiran negative dan rasa was-was dating silih berganti. Tetapi kehamilan juga membawa perasaan senang dan berbunga-bunga karena hamil adalah tanda bahwa seseorang sebentar lagi akan menyandang status sebagai seorang ibu. Seorang wanita dikatakan sempurna serta telah memenuhi kodratnya jika dia bisa memberikan keturunan di keluarganya. Kehadiran seorang anak juga akan membuat kehidupan rumah tangga menjadi lebih hidup dan dipenuhi warna sehingga kehidupan rumah tangga akan terasa lengkap dan lebih berwarna. Oleh karena itu, baik sang calon ayah maupun sang calon ibu harus menjaga kehamilan di usia muda karena kehamilan usia muda memang sangat rentan.
Kehamilan pada usia muda atau trimester pertama memang harus diperlakukan dengan serius dan hati-hati. Ini dikarenakan menjaga kehamilan di usia muda bukanlah hal yang mudah anda harus ekstra hati-hati serta menghindari beberapa hal yang mungkin bisa membahayakan keselamatan janin dalam kandungan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti oleh ibu hamil untuk menjaga kehamilannya:


Tips Menjaga Kehamilan Usia Muda
Image Via Flickr : Vladimir Pustovit 


1.     Menghindari makanan dan minuman yang merugikan


Ibu yang sedang hamil sebaiknya menghindari makanan dan minuman yang terbuat dari bahan atau memiliki kandungan zat berbahaya didalamnya. Contoh makanan yang benar-benar harus dihindari adalah junk food. Ibu hamil apalagi yang hamil muda sebaiknya menghindari makanan ini sebisa mungkin. Junk food tidak memiliki kandungan gizi ataupun vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan yang terdapat dalam junk food adalah kalori dan lemak yang berlebih yang tentunya buruk bagi kesehatan sang ibu dan janinnya. Sedangkan jenis minuman yang dihindari adalah minuman beralkohol, berkafein, serta bersoda. Minuman beralkohol bisa menyebabkan panas di perut yang berbahaya bagi janin selain itu alcohol juga bisa menghambat pembentukan asi. Minuman berkafein membuat jantung berdebar juga bisa menyebabkan gelisah yang tidak baik bagi perkembangan janin. Sedangkan minuman bersoda mempunyai kandungan gula yang terlalu tinggi sehingga perlu dihindari bila tidak ingin sang janin terkena diabetes.

2.     Olahraga ringan


Walaupun sedang mengandung sang ibu harus tetap menjaga kesehatan tubuhnya. Tubuh tidak boleh dibiarkan kaku dengan bermalas-malasan. Sang ibu bisa melakukan olahraga ringan dengan jalan-jalan disekitar rumah atau berenang agar tubuh tetap fit.

3.     Istirahat yang cukup


Sang ibu sebaiknya menghindari kegiatan begadang. Begadang bisa menyebabkan kelelahan yang bisa mengancam kesehatan sang janin dalam kandungan. Bila anda susah tidur sebaiknya mencoba merendam kaki dalam air hangat atau minum susu coklat agar tubuh menjadi rileks. Istirahat yang cukup bisa membantu perkembangan janin agar lebih baik.

4.     Kurangi aktivitas yang tidak penting


Anda sebaiknya mengurangi aktivitas yang bisa dianggap tidak penting. Bila anda tidak benar-benar perlu mengerjakannya maka sebaiknya dihindari. Bila hal tersebut terlalu berat maka sang ibu sebaiknya meminta bantuan orang lain untuk mengerjakannya.


5.     Minum susu khusus hamil

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done