Rayakan Tahun Baru 2016, 5 Negara ini Punya Tradisi Unik - Sobatkarib Media
News Update
Loading...

December 18, 2015

Rayakan Tahun Baru 2016, 5 Negara ini Punya Tradisi Unik

Apa acara yang paling dinanti saat akan melewati akhir tahun? Jawabannya tentu saja perayaan tahun baru. Tahun baru memang menjadi hal yang ditunggu-tunggu karena setiap orang berharap bahwa tahun yang akan datang akan membawa harapan baru sehingga setiap orang akan merayakan malam pergantian tahun dengan bergembira dan berpesta. Perayaan tahun baru di Indonesia biasanya diisi dengan pesta kembang api dan meniup terompet. Ada pula yang merayakan pergantian tahun dengan menonton konser akhir tahun karena di Indonesia memang tidak ada tradisi khusus untuk merayakan pergantian tahun.



Tahun Baru 2016
Image Via Flickr : Leland Francisco

Hal tersebut berbeda dengan Negara lain yang mempunyai tradisi unik dan menarik untuk merayakan tahun baru karena mempunyai kebudayaan yang berbeda dengan Indonesia. Tentunya akan sangat menarik bila kita mengetahui tradisi perayaan tahun baru di berbagai Negara di belahan bumi yang berbeda.
Beberapa Negara memang memiliki tradisi merayakan tahun baru yang unik sehingga terkadang ada orang yang berlibur ke Negara tersebut untuk menikmati tradisi tersebut. Berikut adalah contoh tradisi perayaan tahun baru di berbagai Negara yang bisa dibilang unik:


  1. Filipina

Perayaan tahun baru di Filipina selalu dihiasi dengan benda, makanan, dan hal-hal lain yang berbentuk bulat. Hal tersebut karena kepercayaan orang-orang Filipina bahwa bentuk bulat dapat membawa keberuntungan dan rejeki untuk tahun selanjutnya. Oleh karena itu, orang-orang akan memakai pakaian dengan motif polkadot, menyediakan makanan serta buah-buahan yang berbentuk bulat, dan mengisi kantong dengan koin atau lonceng kecil di tengah malam untuk memastikan kesejahteraan akan datang. Saat waktu menunjukkan jam 12 malam maka orang-orang Filipina akan melompat sebanyak dua belas kali sebagai pertanda pergantian tahun.

  1. Yunani

Perayaan atau tradisi tahun baru di Yunani dilakukan dengan memotong roti tahun baru bersama keluarga. Kue atau roti tersebut dinamakan Vasilopita yang didalamnya berisi jimat atau sekeping koin emas. Setiap anggota keluarga akan menerima sepotong kue yang dibagikan oleh kepala keluarga. Orang yang mendapat potongan kue yang didalamnya terdapat koin emas atau jimat dikatakan akan mendapat keberuntungan di tahun yang baru.

  1. Rusia

Tradisi perayaan tahun baru di Rusia suasananya terlihat seperti pesta natal di Negara lain. Hal yang berbeda adalah tidak ada Santa Clause yang bertubuh gendut dan berjanggut putih yang membagikan mainan, namun ada seseorang yang memakai kostum biru dan dipanggil Grandfather Frost yang membawa sekantong penuh mainan kemudian membagikannya ke anak-anak.

  1. Belarusia

Tradisi perayaan tahun baru di Belarusia dihiasi dengan permainan game bagi perempuan yang belum menikah untuk menentukan siapa yang akan melepas masa lajang di tahun berikutnya. Salah satu game yang diselenggarakan adalah dengan menempatkan tumpukan jagung di depan para wanita yang belum menikah kemudian beberapa ayam jantan akan dilepas. Wanita dengan tumpukan jagung yang didekati ayam jantan adalah tanda bahwa wanita tersebut akan menikah di tahun yang baru.
Game lain yang dimainkan adalah seorang wanita yang sudah menikah akan menyembunyikan barang-barang tertentu seperti roti atau cincin di sekitar rumahnya. Kemudian teman-temannya yang belum menikah akan mencari barang-barang tersebut. Wanita yang menemukan cincin dipercaya akan menikah dengan pria tampan sedangkan yang menemukan roti akan menikah dengan pria kaya.

  1. Finlandia


Perayaan tahun baru di Finlandia dilakukan dengan melelehkan lempengan timah, simbol yang muncul dari lelehan tersebut akan menjadi ramalan di tahun berikutnya. 

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done