3 Destinasi Terseru di Indonesia Untuk Liburan Akhir Tahun Bersama Teman-teman - Sobatkarib Media
News Update
Loading...

December 15, 2015

3 Destinasi Terseru di Indonesia Untuk Liburan Akhir Tahun Bersama Teman-teman

Liburan panjang telah tiba, bila anda belum mempunyai rencana liburan maka anda bisa mencoba untuk berkunjung ke Indonesia. Indonesia terkenal sebagai Negara dengan sebutan zamrud khatulistiwa yang mempunyai banyak pulau eksotis yang sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata. Anda akan menemukan berbagai tempat menarik untuk dikunjungi mulai dari pulau sabang sampai merauke. Oleh sebab itu tidak heran jika banyak turis mancanegara yang menjadikan beberapa daerah di Indonesia sebagai tempat tujuan berlibur mereka. Para turis tidak hanya akan dimanjakan dengan pesona alam yang dimiliki oleh Indonesia tetapi juga akan dengan keramahan penduduknya, adat istiadat yang unik, makanan khas yang dimiliki oleh setiap daerah, bahkan beberapa tempat wisata menyajikan pengetahuan berupa sejarah mengenai masa lampau maupun pengetahuan alam yang bisa membuat liburan tidak hanya sekedar menjadi liburan tetapi juga bisa menambah pengetahuan.

Candi Prambanan Yogyakarta
Luangkan waktumu bersama teman-temanmu via Flickr : Fauzan Alfi


Berlibur sambil belajar tentunya lebih bermanfaat apalagi jika seseorang bisa belajar mengenai budaya baru yang sama sekali berbeda dengan budaya asalnya. Pulau-pulau di Indonesia memang bisa membius setiap orang dengan panorama yang terbentang bagai lukisan yang juga bisa menginspirasi dengan keanekaragaman budayanya. Keanekaragaman budaya tersebut semakin membuat Indonesia terlihat lebih cantik. Terkadang, orang-orang hanya mengenal Indonesia dari pulau Bali maupun Lombok, padahal masih banyak daerah lainnya yang memiliki keindahan alam yang tidak kalah dari Bali ataupun Lombok. Berikut adalah beberapa daerah yang memiliki tempat wisata menarik di pulau Jawa Tengah yang merupakan salah satu pulau yang menarik di Indonesia yang bisa anda jadikan tempat tujuan wisata:

  1. Yogyakarta

Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar yang mempunyai banyak karya peninggalan bersejarah serta memiliki beberapa rekaman sejarah hingga membuat kota tersebut mendapat julukan daerah istimewa. Yogyakarta juga masih mempunyai istana peninggalan kerajaan zaman dahulu yang sampai sekarang masih dipelihara dengan baik oleh keturunan keluarga kerajaan serta para abdi setianya.

Hal yang menarik dari Yogyakarta bukan hanya karena sejarahnya, namun juga karena peninggalan dari masa kerajaan zaman dahulu yang masih bisa dinikmati hingga sekarang. Peninggalan tersebut berupa candi Borobudur, candi Prambanan, dan beberapa candi kecil lainnya yang menyimpan sejarah tersendiri.

Contohnya saja kisah yang ada dibalik pembuatan candi Prambanan. Candi Prambanan dibuat oleh Rakai Pikatan yang merupakan raja dari wangsa sanjaya sebagai simbol untuk mempersatukan setiap daerah di wilayah jawa serta sebagai bukti cintanya pada permaisurinya Pramodya Wardani yang merupakan ratu dari wangsa syailendra. Sebenarnya ke dua wangsa tersebut berbeda keyakinan dan paham karena yang satu merupakan wangsa yang beragama hindu sedangkan yang satunya beragama budha, namun ke dua wangsa tersebut bisa bersatu dibawah pemerintahan Rakai Pikatan dan Pramodya Wardani.

Selain karena situs peninggalan berupa candi, makanan khas Yogyakarta juga menjadi daya tarik tersendiri yang tidak boleh dilewatkan. Makanan yang menjadi khas Yogyakarta adalah gudeg, sedangkan jajanan khas Yogyakarta adalah bakpia, brem, yangko, wingko, geplak, dan masih banyak lainnya. Jika anda mengunjungi Yogyakarta maka anda tidak perlu bingung dengan oleh-oleh karena banyak toko yang menjual jajanan khas Yogyakarta. Terlebih ada juga ikon kota Yogyakarta yang bukan makanan namun kaos dan asesoris yang dibuat oleh sebuah perusahaan yang bergerak dibidang asesoris dan kaos yaitu DAGADU. Anda bisa membeli asesoris buatan DAGADU yang sudah menjadi ikon Yogyakarta. Hal-hal tersebut yang membuat Yogyakarta menjadi tempat wisata menarik karena masih banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi d Yogyakarta.

  1. Cilacap 
Karang Bolong, Nusakambangan
Keindahan pasir putih yang mampu menyejukan hati via Flickr : Christopher Woodrich

Cilacap merupakan daerah di pulau jawa yang terkenal akan keindahan pantai-pantainya. Ada beberapa pantai yang terkenal seperti Teluk Penyu, Widara Payung, dan beberapa pantai lainnya yang membuat daerah Cilacap layak untuk dikunjungi. Selain wilayah pantai, orang-orang juga bisa mengunjungi situs sejarah yang dinamakan benteng pendem yang dibangun pada masa kolonial Belanda, ditempat tersebut para pengunjung bisa berwisata sambil belajar. Anda juga bisa mengunjungi pulau nusakambangan yang masih menjadi bagian dari daerah Cilacap. Nusakambangan atau yang dikenal dengan julukan Alcatraz Indonesia adalah pulau yang dikelilingi oleh laut.

Oleh karena itu, tidak heran bila pemandangan pantai di pulau tersebut sangat indah dan asri karena bebas dari segala polusi. Bila anda beruntung ,anda bahkan bisa menonton ritual sedekah laut yang bertujuan untuk menghormati laut yang selalu diadakan setiap tahun di pantai Cilacap.

Anda juga bisa menikmati makanan khas daerah Cilacap yang terbuat dari bahan-bahan laut seperti kerupuk ikan, keripik ikan, dendeng ikan, dan semua hal yang berbahan dasar dari ikan atau hasil laut. Di sekitar daerah pantai anda bisa menjumpai banyak restoran sea food yang menawarkan aneka sea food yang berbahan segar sehingga rasanya dijamin lebih nikmat. Anda bisa mengimbangi sea food yang anda makan dengan meminum air kelapa. Ini karena pohon kelapa banyak tumbuh sepanjang daerah pantai Cilacap.

Ada banyak aneka asesoris dan kerajinan tangan yang berbahan dasar dari laut seperti kerang, potongan terumbu karang, batuan laut, dan lain-lain. Ada juga asesoris untuk barang siap pakai seperti kaos yang bermotif pantai, lampu hias dengan hiasan kerang, dan masih banyak lainnya. Anda bisa menjadikan asesoris tersebut sebagai oleh-oleh ataupun anda bisa membeli makanan yang berbahan ikan yang disebutkan sebelumnya.

  1. Banyumas

Baturasen, Purwokerto
Suasana alam yang masih asri nan sejuk via Flickr : Christopher Woodrich


Salah satu daerah di Jawa Tengah yang wajib untuk dikunjungi adalah daerah Banyumas. Banyumas memiliki tempat wisata yang cukup popular yaitu Baturaden. Baturaden memiliki pemandangan alam yang indah serta berbagai fasilitas seperti kolam renang, bioskop alam, dan fasilitas lainnya yang akan membuat anda terhibur ditempat tersebut. Baturaden terletak di lereng gunung Slamet, salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Selain Baturaden anda juga bisa menikmati pemandangan indah yang disajikan di Pancuran Pitu. Pancuran Pitu adalah air terjun yang berjumlah tujuh yang mempunyai muara yang sama.

Banyumas memiliki acara tahunan yang baru-baru ini diadakan yaitu Banyumas Extravaganza yang digagas oleh bupati Banyumas. Acara tersebut menampilkan berbagai karya, ritual, adat, maupun hal-hal khas yang berasal dari berbagai wilayah yang ada di daerah otonomi Banyumas yang bisa anda pelajari. Banyumas juga memiliki banyak makanan tradisional yang bisa anda jadikan oleh-oleh seperti mendoan, kripik tempe, getuk goreng, dan beberapa jenis makanan lainnya yang asli dari Banyumas.


Itulah beberapa daerah di pulau Jawa Tengah yang sangat cocok dijadikan sebagai tempat tujuan wisata anda. Apakah anda cukup merasa tertarik? Anda masih bisa menemukan daerah wisata lainnya di Jawa Tengah dan bahkan masih banyak daerah lainnya di Indonesia yang bisa anda jelajahi. Anda pasti akan menemukan tempat wisata menarik yang juga membuat anda belajar hal baru jika anda berkunjung ke Indonesia.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done