Mengajarkan Anak Untuk Berpuasa Sejak Dini, Ini Cara Sederhana Yang Perlu Anda Ketahui - Sobatkarib Media
News Update
Loading...

June 26, 2015

Mengajarkan Anak Untuk Berpuasa Sejak Dini, Ini Cara Sederhana Yang Perlu Anda Ketahui

Anak merupakan titipan Ilahi yang harus kita jaga dengan baik. Setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Mengajarkan anak hal-hal baik sejak dini merupakan alternatif dalam mendidiknya. Meski hasilnya tidak 100% berhasil, namun cara ini cukup efektif, meskipun perkembangan mental dan karakter anak tidak hanya karena faktor pengajarannya. Namun, faktor lingkungan, keturunan, pendidikan dan faktor-faktor lain merupakan faktor penentu sifat anak tersebut.

Pelan namun pasti, bersabar untuk kebaikan dalam dirinya via Flickr : Phalinn Ooi


Memanfaatkan momen bulan Ramadhan untuk mengajarkan anak berbuat baik merupakan pilihan yang tepat. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan berkah bagi setiap umat muslim. Sebagai orangtua yang bijak, kita hendaknya mengajarkan anak untuk ikut berpuasa. Meski awalnya mungkin akan terasa berat, namun lambat laun pasti akan terbiasa. Berikut ini adalah beberapa cara sederhana mengajarkan anak untuk berpuasa sejak dini:

Jelaskan apa itu berpuasa

Sebelum mengajak anak untuk berpuasa, orangtua hendaknya menjelaskan pada anak apa itu puasa, bagaimana menjalankannya, dan apa yang harus dihindari saat berpuasa. Ajarkan pada anak untuk membaca doa niat berpuasa. Penjelasan tentang puasa akan membuat anak paham tentang hakekat berpuasa, sehingga anak lebih bisa memaknainya.

Sampaikan manfaat berpuasa

Untuk lebih meyakinkan anak agar anak tidak serta merta menahan lapar dan haus, orangtua juga perlu menjelaskan manfaat-manfaat apa yang akan didapat dari berpuasa. Dengan demikian, anak tidak berpikiran bahwa puasa hanya untuk menahan diri dari makanan dan minuman. Selain itu, pemahaman tentang manfaat berpuasa akan menjadikan anak menjalankannya dengan ikhlas.

Hidangkan menu berbuka puasa yang disukai anak

Untuk para Ibu, cobalah mengajak anak untuk berpuasa dengan menyemangatinya dengan menu masakan berbuka puasa yang disukai anak. Namun perlu diingat, masakan ini haruslah sehat dan bermanfaat bagi tubuh selama berpuasa. Makanan juga sebaiknya mengandung serat dan karbohidrat yang tinggi seperti sayur-sayuran dan nasi. Jangan lupa sediakan buah-buahan. Hal ini karena saat berpuasa, pencernaan kita harus beradaptasi dengan waktu makan yang berbeda dengan hari-hari biasa. Sehingga diperlukannya kandungan gizi yang cukup dari buah-buahan agar pencernaan lancar. Kita dapat menyajikan es buah sebagai minuman saat berbuka puasa. Selain itu, makanan manis seperti kurma, kolak, bubur dan sebagainya juga sangat baik untuk mengganti stamina yang hilang saat berpuasa. Usahakan agar menu berbuka puasa selalu berganti setiap harinya.


Jangan memaksakan anak untuk berpuasa penuh

Mengajarkan anak untuk berpuasa memang susah-susah gampang. Kesabaran dan kelembutan sangatlah diperlukan dalam hal ini. Awal berpuasa, mungkin anak akan merasa tidak kuat untuk menahan lapar dan dahaga. Hal ini sangat wajar bagi anak-anak yang baru saja belajar berpuasa. Sebagai orangtua yang bijak, tentunya harus bijaksana dalam menghadapi masalah ini, misalnya dengan membiarkan anak berpuasa setengah hari pada awalnya. Namun perlu adanya kesepakatan dengan anak yaitu setelah hari-hari berikutnya, anak tersebut harus belajar puasa seharian penuh.


Ajak anak untuk beraktivitas yang ringan namun mendidik

Nah, setelah anak mampu untuk berpuasa penuh, ajarilah anak untuk berbuat sesuatu yang baik, misalnya dengan membaca Al-Qur'an usai salat subuh. Aktivitas lain seperti membaca buku-buku agama juga dianjurkan untuk anak selama berpuasa. Selain mengajarkan anak untuk berlomba-lomba mendapatkan pahala, cara ini juga efektif agar anak tidak selalu melihat jam.


Itulah cara sederhana untuk mengajarkan anak berpuasa sejak dini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.



Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done