Tahukah Anda Kenapa Hari Ibu Dirayakan 22 Desember? Cari Tahu Yuks Asal Usul Hari Ibu - Sobatkarib Media
News Update
Loading...

December 21, 2015

Tahukah Anda Kenapa Hari Ibu Dirayakan 22 Desember? Cari Tahu Yuks Asal Usul Hari Ibu

Ibu adalah orang yang paling berjasa karena telah memberi kehidupan pada kita sehingga kita bisa lahir ke dunia ini. Oleh karena itu, tidak mengherankan bila ada yang memperingati hari ibu sebagai tanda terima kasih serta penghormatan untuk sang ibu. Setiap tanggal 22 Desember di Indonesia selalu diperingati sebagai hari ibu. Tahukah anda mengapa tanggal tersebut diperingati sebagai hari ibu? Atau tahukah anda mengenai asal usul hari ibu? Sebelum mengetahui tentang asal usul hari ibu ada baiknya mengerti tentang asal mula hari ibu di Indonesia diperingati setiap tanggal 22 desember.

Asal Usul Hari Ibu
Tak pernah sekalipun ku kehilanganmu, Tak sedetik pun kau pernah tinggalkan ku Via Flickr : M. Khanif Nudiyanto

Alasan kenapa pada tanggal 22 Desember diperingati sebagai hari ibu bermula ketika para pejuang wanita mengadakan Kongres Perempuan Indonesia I yang diselenggarakan dari tanggal 22 hingga 25 Desember yang berlokasi di gedung Dalem jayadipuran beralamat di jalan Brigjen Katamso, Yogyakarta. Saat ini gedung tersebut berfungsi sebagai kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional. Kongres tersebut dihadiri oleh organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatra yang berjumlah sekitar 30 organisasi. Salah satu hasil Kongres tersebut adalah terbentuknya Kongres Perempuan atau kini lebih dikenal sebagai Kongres Wanita Indonesia atau disingkat KOWANI.

Organisasi perempuan sebenarnya sudah ada sejak tahun 1912 yang terbentuk karena diilhami perjuangan para pahlawan wanita yang berjuang di abad 19 seperti Cut Nyak Dhien, Martha Christina tiahahu, Maria Walanda Maramis, R.A. Kartini, Tjoet Nyak Meutia, Nyai Ahmad Dahlan, Dewi Sartika, dan beberapa pejuang wanita lainnya. Tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai perayaan hari ibu dalam Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938 disahkan oleh Presiden Soekaeno melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 dan dirayakan secara nasional hingga kini.

Jadi pada tanggal 22 Desember dianggap sebagai hari ibu karena pada tanggal tersebut para wanita mengingat perjuangan para pahlawan wanita yang telah mengubah kehidupan wanita menjadi lebih baik. Sehingga orang-orang merayakan hari tersebut dengan mengingat pahlawan wanita yang berjuang untuk mereka yaitu sang ibu yang telah melahirkan mereka. Sebenarnya hanya Indonesia yang merayakan hari ibu pada tanggal 22 Desember sedangkan di Negara-negala lain seperti Amerika, Jepang, Jerman, Malaysia, Hong Kong, Taiwan, dan beberapa Negara lain merayakan hari ibu pada hari minggu di pekan kedua di bulan Mei sehingga tanggalnya tidak tetap. Wanita memang kini lebih dihargai terbukti dengan dirayakannya hari wanita setiap tanggal 8 maret di beberapa Negara di Eropa dan Timur Tengah.


Setelah mengetahui mengapa hari ibu diperingati pada tanggal 22 Desember di Indonesia hal selanjutnya yang perlu anda tahu adalah mengenai asal usul hari ibu. Sejarah dimulainya hari ibu di dunia bermula dari perayaan musim semi orang-orang Yunani sebagai bentuk penghormatan terhadap Rhea, ibu tuhan mereka. Kemudian pada tahun 1600 orang-orang inggris merayakan hari yang dinamakan “Mothering Sunday”. Hari tersebut dirayakan pada hari minggu keempat setiap lent (Periode waktu selama 40 hari, baik di bulan Februari atau Maret). Pada periode tersebut orang-orang Kristen akan menghindari makanan tertentu sebagai bentuk penghormatan pada Mother Mary yang dianggap sebagai ibu tuhan. Pada hari tersebut rakyat ingris yang miskin akan bekerja karena percaya akan mendapat rejeki kemudian pada minggu keempat mereka akan diijinkan libur untuk menemui ibu mereka. Tradisi tersebut menyebar ke seluruh dunia yang awalnya disebut Mother Church yang artinya menghormati ibu sama dengan menghormati gereja. 

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done