4 Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Liburan Ke Raja Ampat - Sobatkarib Media
News Update
Loading...

December 30, 2015

4 Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Liburan Ke Raja Ampat

Siapa yang tidak mengenal Raja Ampat, daerah yang berada di wilayah papua ini terkenal dengan julukan Caribbean van Papua. Tempat yang menjadi tujuan wisata bahkan disebut sebagai surga bagi para pecinta snorkeling dan diving tersebut memang sangat terkenal di seluruh dunia. Hal tersebut dikarenakan keindahan pemandangan bawah lautnya yang sangat menawan. Daerah yang menjadi tujuan wisata utama para turis baik domestic maupun turis asing adalah kepulauan Raja Ampat. Kepulauan tersebut adalah rangkaian dari 4 gugusan pulau yang saling berdekatan yang terletak di sebelah barat bagian kepala burung atau disebut Vogelkoop pulau papua. 4 pulau besar yang menjadi gugusannya adalah pulau Misool, Batanta, Waigeo, dan Salawati. Gugusan pulau teersebut berada di bawah pemerintahan kabupaten Raja Ampat, provinsi Papua Barat, Indonesia.

4 Hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Liburan Ke Raja Ampat
Image Via Flickr : Ratha Grimes


Asal nama Raja Ampat diambil dari mitos masyarakat setempat, mitos tersebut bercerita tentang seorang wanita yang menemukan 7 telur. Empat butir telur menetas menjadi 4 pangeran yang masing-masing menjadi raja di empat pulau terpisah yaitu Misool Timur, Misool Barat, Waigeo, dan Salawati. Sementara ketiga telur lainnya menetas menjadi seorang wanita, hantu, dan sebuah batu. Raja Ampat memang sejak dahulu dihuni oleh masyarakat kelas bangsawan yang mengadaptasi system adat Maluku. Dalam sitem tersebut tiap desa dipimpin oleh seorang raja sebelum akhirnya system tersebut diubah saat berdirinya Kesultanan Muslim di Maluku dan pendudukan Hindia-Belanda. Masyarakat Kepulauan Raja Ampat hidup sebagai nelayan tradisional. Mereka berdiam di kampong-kampung kecil yang letaknya saling berjauhan dan berada di pulau yang berbeda. Masyarakatnya sangat ramah pada orang luar terutama yang membawa pinang atau permen. Barang tersebut menjadi semacam pipa perdamaian Indian bagi masyarakat Raja Ampat. Acara dimana orang saling mengobrol dan makan pinang dinamakan Para-para Pinang yang diwarnai saling melempar mob atau cerita lucu. Kebanyakan masyarakatnya memeluk islam dan Kristen yang saling menghormati satu sama lain.

Raja Ampat memang sangat cocok untuk dijadikan objek wisata penyelaman karena mempunyai perairan yang diakui sebagai salah satu dari 10 perairan terbaik di seluruh dunia untuk situs diving and snorkeling. Bahkan, daerah lautnya diakui sebagai perairan nomor satu yang memiliki kelengkapan flora dan fauna bawah air. Anda bisa menemukan berbagai jenis ikan, karang, dan tumbuhan laut yang mempunyai keindahan tiada bandingannya. Oleh karena itu tidak heran bila para pecinta snorkeling dan diving menobatkan pulau tersebut sebagai surga karena keindahan pemandangan laut yang pasti membuat orang takjub. Biaya untuk berwisata ke Raja Ampat memang terbilang mahal sehingga banyak wisatawan local yang harus menahan diri untuk mengunjungi pulau dengan keindahan bawah laut tersebut. Namun, ada beberapa tips yang bisa diikuti oleh orang-orang yang tertarik berlibur ke Raja Ampat berikut ini:

1.     Persiapkan dana liburan jauh-jauh hari.

Anda sebaiknya mulai menabung dari jauh-jauh hari bila ingin liburan ke pulau tersebut sehingga anda tidak akan kekurangan uang nantinya.

2.     Berwisata bersama teman-teman.

Jangan pernah berpikir untuk berwisata sendiri karena biaya sewa kapal yang menjadi alat transportasi utama yang mahal.

3.     Bawa bekal banyak makanan dan minuman.

Harga makanan dan minuman di tempat wisata jauh lebih mahal karena itulah bawa bekal sendiri untuk menghemat biaya.

4.     Mengatur jadwal perjalanan.


Anda sebaiknya tidak membuang-buang waktu percuma, oleh karena itu buat jadwal perjalanan agar anda bisa menikmati seluruh tempat liburan tersebut.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done