Jangan Mudah Percaya Informasi Di Internet, Kenali Hoax Sekarang Juga - Sobatkarib Media
News Update
Loading...

June 10, 2015

Jangan Mudah Percaya Informasi Di Internet, Kenali Hoax Sekarang Juga

Sobat Tekno, seiring berkembangnya teknologi saat ini, fasilitas internet tidak lagi menjadi suatu hal yang mewah. Terlebih lagi harga komputer, laptop maupun seluler canggih tergolong murah dan tidak menguras dompet. Semakin bertambahnya infrastruktur komunikasi juga menjadi pemicu mudahnya mendapatkan fasilitas dan layanan internet.
Terkadang masih banyak masyarakat yang masih percaya dengan text instan seperti ini.

Dunia maya atau disingkat “dumay” telah menjadi media informasi tak terbatas. Kita dapat menemukan segala macam informasi dengan hanya duduk manis di dunia maya. Namun sayangnya, kemudahan itu terkadang disalahgunakan. Maksudnya, banyak oknum tertentu yang dengan sengaja mengumbar informasi di internet yang tidak dapat dipercaya.

Sobat tekno, pernahkah kalian mendengar kasus penipuan lewat internet? Kasus-kasus tersebut misalnya pengumuman pemenang kuis melalui email, kemudian mengajak kalian untuk segera menebus hadiahnya dengan cara mentransfer sejumlah uang. Bentuk penipuan tersebut digunakan si penipu untuk mencari tau data pribadi dan rekening kalian. Kasus penipuan juga dapat berupa informasi tentang sesuatu di luar nalar manusia.

Dalam kasus penipuan juga berupa informasi dari artikel-artikel di blog atau media sosial seperti Facebook, Twitter, ataupun disebarkan melalui SMS atau email. Hal-hal tersebut dikenal dengan HOAX. Hoax adalah suatu informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya yang sampaikan oleh pembuat berita. Tujuan dari berita bohong ini adalah untuk menakuti pembaca dan mempengaruhi pembaca agar mempercayainya. Parahnya, biasanya berita hoax tersebut tidak segan-segan meminta kita untuk menyebarluaskan informasi menyesatkan tersebut. Hal ini mengakibatkan tersebar luasnya informasi palsu tersebut.

Hoax juga diedarkan lewat SMS, misalnya seperti pada hari-hari penting. Pesan tersebut biasanya berisi kata-kata yang akan membawa keberuntungan jika kita mengirimkannya ke seluruh kontak atau ke beberapa nomor penting. Sebaliknya, kesialan akan menimpa kita jika kita mengabaikannya. Modus dari SMS ini mungkin hanya untuk menguntungkan provider/operator seluler dengan adanya SMS berantai tersebut.

Lantas, apa sih ciri-ciri hoax? Sobat tekno, yuk kita simak bersama-sama ciri-ciri berita hoax di bawah ini:

Topik yang unik

Berita hoax memiliki topik yang unik. Berita ini bisa berupa dunia komputer, kesehatan, keuangan, kecantikan, dan sebagainya. Contohnya: “Kangkung berbahaya bagi kesehatan.

Judul menarik

Judul yang menarik dan membuat penasaran pembaca menjadi salah satu senjata bagi berita hoax. Contohnya: Adanya lintah yang berkembangbiak dalam perut setelah mengkonsumsi kangkung.

Istilah ilmiah

Agar terkesan disampaikan oleh para ahli, berita hoax biasanya menggunakan istilah-istilah ilmiah. Contohnya: “Kandungan fe atau zat besi pada kangkung menyebabkan kantuk.”

Nama organisasi

Untuk lebih menyakinkan para pembaca, berita hoax juga mencantumkan nama organisasi atau nama perusahaan terkait ke dalam informasi palsunya. Ini bisa berupa lembaga kesehatan dunia atau WHO, berita dunia atau CNN, dan lain sebagainya.

Solusi di luar kenalaran

Karena informasi ini tidak dapat dipertanggungjawabkan, maka dalam berita hoax biasanya akan ada solusi atau kesimpulan yang terkesan asal-asalan.

Kata-kata dramatis

Berita hoax menggunakan perasaan dan kecemasan pembaca dengan menambahkan kata-kata atau kalimat untuk menakut-nakuti. Contohnya: “Telah terbukti beracun, teman saya korbannya. Kirim SMS ini ke teman-teman dan keluarga yang Anda sayangi”.

Penambahan kata-kata

Kata “Fwd” atau “Trs” dan “PENTING” di judul email membuat pesan seakan-akan disebarkan oleh orang yang profesional.

Sobat tekno, itulah beberapa ciri dari hoax. Ga kebayang kan gimana efek informasi palsu tersebut jika tersebar luas di internet? Hal ini secara otomatis akan membuat para pembaca panik dan khawatir, serta dapat menurunkan daya jual suatu produk atau jasa. So, internet memang memberikan kita berbagai informasi yang kita butuhkan, namun kita harus cerdas dalam menggunakannya. Pikir dua kali sebelum mempercayai semua informasi di internet akan membantu kita terhindar dari penyesatan. Waspadalah...Waspadalah..!!!

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done