Keringat Dan Bauket Alias Bau Ketek? Ini Penjelasannya - Sobatkarib Media
News Update
Loading...

December 19, 2015

Keringat Dan Bauket Alias Bau Ketek? Ini Penjelasannya

Sobat karib, ketiak seringkali menjadi sasaran iklan deodoran atau obat penghilang bau badan. Namun taukah kalian? Sebenarnya ketiak hanya mengeluarkan 1% dari total keringat dalam tubuh kita. Ada dua jenis kelenjar yaitu kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin. Kelenjar ekrin menghasilkan sekitar 75% total keringat. Kelenjar ini berada diseluruh daerah kulit kita kecuali bibir dan beberapa bagian kecil lainnya. Kelenjar ekrin mulai berfungsi sejak kita dilahirkan.

Keringat Dan Bauket Alias Bau Ketek

Kelenjar apokrin terletak di ketiak dan paha. Kelenjar ini mulai berfungsi sejak remaja, dengan cairan berwarna susu dan lebih kental. Bakteri kulit dapat hidup pada keringat apokrin penyebab aroma tidak sedap.

Telapak tangan dan kaki memiliki lebih banyak kelenjar ekrin daripada bagian tubuh lainnya. keluarnya keringat di bagian itu disebabkan oleh suhu panas dan emosi. Keringat yang mengalir berlebihan disebut sebagai hyperhidrosis yang mengganggu sekitar 3% populasi dengan keringat yang tidak terkontrol, biasanya di tangan, kaki atau ketiak. Sebelum membasmi bau badan, alangkah lebih baik jika tau apa yang menyebabkan bau itu terjadi. Berikut artikel yang sangat baik dalam menjelaskan penyebab bau badan.

Sebenarnya penyebab BB itu tidak hanya keringat yang dikeluarkan oleh kelenjar yang telah disebutkan tadi, tetapi juga dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti genetic, namun hal itu tidak menjamin 100%. Yang terpenting adalah bagaimana caranya selalu menjaga kebersihan badan. Kebersihan badan berawal dari pakaian yang kita kenakan, secara teratur membersihkan badan atau mandi 2 kali sehari, serta menjaga makanan yang kita konsumsi.

Rambut ketiak juga dapat menimbulkan bau badan. Secara medis, rambut ketiak berfungsi memperluas permukaan untuk mengatur penguapan keringat. Terdapat banyak pori-pori yang menjadi ujung kelenjar keringat di pangkal rambut untuk mengalirkan keringat ke ketiak. Bau badan tidak akan datang jika kita selalu menjaga kebersihan badan kita. Selama kita selalu menjaga kebersihan tubuh, maka bau badan tidak akan muncul.

Stress atau emosi juga mempengaruhi kerja kelenjar apokrin, sehingga memperparah bau badan. Faktor lain yang memicu bau badan adalah kegemukan. Orang gemuk cenderung lebih banyak mengeluarkan keringat dan bau badan. Hal ini karena keringat terperangkap di antara lipatan-lipatan kulit. Selain faktor tersebut, mengkonsumsi terlalu banyak makanan berprotein tinggi seperti daging kambing, durian, bawang goreng serta meminum minuman keras dan merokok juga merupakan salah satu penyebab bau badan.

Tak sedikit cara untuk menyingkirkan bau badan. Saat ini, banyak produk penghilang bau badan seperti deodoran, obat, dan bedak. Selain itu, ada pula yang menggunakan suntikan botox dan operasi. Namun cara yang paling aman dan sehat untuk menghilangkan bau badan sebenarnya mudah dan murah. Bersihkan ketiak dengan sabun antiseptik setiap kali mandi. Setelah itu, keringkan dengan handuk, tisu atau lap kering dan bubuhkan bedak antiseptik. Konsumsi buah, sayur, serta minum air putih juga dapat menyebabkan keringat menjadi lebih encer sehingga bau badan berkurang.

Nah, Sobat karib, itulah asal muasal keringat dan bau badan serta cara menghilangkannya. Semoga bermanfaat.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done